7 Penyebab Bau Mulut Parah yang Harus Kamu Ketahui

7 Penyebab Bau Mulut Parah yang Harus Kamu Ketahui

Halitosis merupakan bau mulut tak sedap yang disebabkan oleh tumbuh dan berkembang biaknya bakteri pada mulut dan menyebab mulut menjadi bau ketika seseorang membuka mulutnya.

Tentu bau mulut ini sangat merugikan, bisa membuat seseorang menjadi malu untuk bergaul. Apalagi bagi orang yang setiap harinya berinteraksi dengan orang lain, bau mulut menjadi masalah yang sangat besar.

Namun ingatlah bahwa semua hal ada penyebabnya. Tentu ada penyebab bau mulut yang harus kamu ketahui dan harus kamu hindari, diantaranya :

1. Mulut Kering


Jika mulut kering, maka saliva atau air liur kita sedikit. Saliva berfungsi untuk membersihkan mulut secara alami dan jika kandungan saliva sedikit maka tidak ada yang membersihkan bakteri di mulut. Akibatnya bakteri tersebut bisa tumbuh dan berkembang yang akhirnya menyebabkan bau mulut.

2. Merokok


Kita tahu bahwa dalam rokok terdapat banyak zat yang berbahaya dan ketika seseorang merokok, mulut tidak bisa secara langsung membersihkan zat tersebut dan bisa menyebabkan bau mulut.

3. Apa yang Kita Konsumsi


Penyebab bau mulut bisa berasal dari apa yang kita konsumsi. Makanan, minuman, dan obat - obatan yang dikonsumsi akan terserap oleh darah dan akan keluar melalui paru - paru. Akibatnya napas seseorang akan menjadi bau, jika mengonsumsi makanan yang beraroma seperti jengkol, bawang, petai, dan lain - lain.

4. Penyakit Gusi


Sadarkah ketika gusi atau panas dalam mulut kita menjadi bau ? Nah ini benar sekali, karena ada hubungan langsung antara periodontitis dan gingivitis (radang gusi). Bakteri di mulut akan banyak dan inilah penyebab bau mulut.

5. Berpuasa


Ketika seseorang berpuasa, tentu dia akan menahan untuk tidak makan dan tidak minum sebelum waktunya, akibatnya perut dia kosong. Nah perut kosong inilah yang merupakan salah satu penyabab bau mulut. Karena ketika perut kosong, asam lambung akan meningkat dan akan naik ke atas. Selain itu, kandungan saliva di mulut juga akan berkurang. Itulah alasan kenapa berpuasa bisa menyebabkan bau mulut.

Namun jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi bau mulutt di bulan puasa. Silahkan masuk ke artikel : 5 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut di Bulan Puasa

6. Menggosok Gigi dengan Cara yang Salah


Menggosok gigi bertujuan supaya bakteri dari sisa makanan bisa hilang. Namun jika seseorang menggosok gigi dengan cara yang salah, maka bakteri di mulut tidak bersih dan masih ada yang akhirnya bisa menyebabkan bau mulut tak sedap.

7. Bangun Tidur


Kejadian ini mungkin sering dialami oleh kita, ketika bangun tidur biasanya mulut terasa bau. Ini jelas karena, kandungan saliva (air liur) berkurang dan bakteri di mulut akan berkembang yang akhirnya bisa menyebabkan bau mulut.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum air putih setelah bangun tidur. Karena ada banyak manfaat dari air putih tersebut.

Terkait : 9 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Maka dari itu, jagalah kesehatan mulut Anda. Coba untuk periksa kesehatan mulut ke dokter terdekat. Selain itu, rutinlah untuk membersihkan mulut Anda seperti dengan menggosok gigi, membersihkan sela - sela gigi, dan lain - lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Penyebab Bau Mulut Parah yang Harus Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel