Penyebab Rambut Bayi Rontok Lengkap Cara Mengatasinya

Rambut Bayi Rontok

Penyebab rambut bayi rontok - Memiliki bayi adalah idaman bagi para ibu, banyak sekali hal yang bisa didapatkan dari bayi seperti halnya keindahan di dalam keluarga. Ketika bayi baru lahir, baisanya bayi tersebut dibekali rambut tebal yang begitu indah oleh Tuhan. Namun seiring berjalannya waktu rambut bayi akan rontok, biasanya pada usia 3 bulan.

Rambut bayi rontok merupakan hal yang wajar, karena itu menunjukkan bahwa bayi tersebut sudah memasuki pertumbuhan baru dan memang pertumbuhan rambut setiap bayi berbeda - beda. Tapi sering kali seorang ibu yang sangat mencintai bayi nya merasa khawatir dan kebingungan, apalagi Anda yang baru pertama kali melahirkan bayi. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan mempertegas bahwa rambut bayi rontok adalah hal yang wajar dengan menjelaskan beberapa penyebab rambut bayi rontok lengkap dengan cara mengatasinya.

Mau tahu apa saja penyebab rambut bayi rontok ? Berikut penjelasannya

1. Rambut bayi rontok karena penurunan hormon bayi

Ketika di dalam kandungan atau rahim ibu, bayi mempunyai hormon yang sangat tinggi. Maka pantas jika baru dilahirkan bayi mempunyai rambut yang tebal. Namun ketika bayi sudah dilahirkan ke dunia, hormon tersebut lama - kelamaan akan menurun dan hal ini menunjukkan bahwa bayi sudah memasuki pertumbuhan baru. Penurunan hormon ini salah satu penyebab rambut bayi rontok, karena rambut bayi akan masuk ke fase beristirahat atau mungkin berhenti bertumbuh. Hingga saat nya tiba hormon bayi telah pulih kembali.

2. Rambut bayi rontok karena posisi tidur yang sama

Posisi tidur bayi juga harus diperhatikan, jangan sampai bayi Anda tidur dalam posisi yang sama setiap harinya. Selain bisa merubah bentuk kepala juga bisa menjadi penyebab rambut bayi rontok. Tapi jika bayi Anda rontok diseluruh bagian kepala, itu menunjukkan bahwa rambut bayi sedang dalam fase beristirahat.

3. Rambut bayi rontok karena Trikotilomania

Penyebab rambut bayi rontok ini sebenarnya disebabkan oleh kelakukan bayi itu sendiri yang terbiasa menarik - narik rambut hingga terjad kerontokkan secara terus menerus. Tindakan seperti itu disebut Trikotilomania yang biasanya terjadi pada bayi yang mengelami stress emosional atau stress fisik.

4. Rambut bayi rontok karena Tinea Capitis

Tinea Capitis adalah penyakit yang umunya terjadi pada kulit kepala anak - anak, dimana terdapat jamur yang seperti bercak bersisik dan terlihat seperti bintik hitam pada kulit kepala. Hal ini bisa menjadi penyebab rambut bayi rontok. Baca Juga : Mengenali Tinea Capitis Pada Kulit Kepala

Bagaimana cara mengatasi nya ?

Sebenarnya cukup simple untuk mengatasi rambut bayi rontok. Karena seperti apa yang telah dijelaskan diatas, bahwasanya ini merupakan hal yang wajar dan sangat lumrah. Namun ada sedikit tips mengatasinya yang bisa Anda lakukan dirumah, seperti jangan membiarkan bayi Anda tidur di posisi yang sama, potong rambut bayi supaya mempercepat proses pertumbuhan. Namun bisa Anda masiih khawatir akan hal ini bisa mengunjungi dokter. Biasanya dokter akan memberikan sugesti atau bila memang bayi Anda mengalami penyakit, dokter akan memberikan treatment khusus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Penyebab Rambut Bayi Rontok Lengkap Cara Mengatasinya"

  1. Mantap gan info nya. Boleh ngintip dikit g buat referensi.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel